Modul 1 bagian 1: Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Apa Peran Saya Sebagai Pendidik
Tidak dipungkiri bahwa peran guru amatlah penting bagi perkembangan murid. Video ini mengajak kita berefleksi bersama terkait peran sebagai guru selama ini.
Latihan Pemahaman
Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman.
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Modul 1 bagian 2: Mendidik dan Mengajar
Mendidik bobotnya adalah pembentukan sikap mental/kepribadian bagi anak didik , sedang mengajar bobotnya adalah penguasaan pengetahuan, keterampilan dan keahlian tertentu yang berlangsung bagi semua manusia pada semua usia.
Berikut ini adalah soal dan jawaban post test modul 1 bagian 2. Ada 12 soal.
1. Ki Hajar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “tuntunan”. Artinya…
D. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya
2. Apa definisi “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
3. Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi.
4. Menurut Ki Hadjar Dewantara, …. merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
D. Pengajaran.
5. Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari “tuntunan” orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah …
B. Akal budi yang berkembang.
6. Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata “pendidikan” dan “pengajaran” menurut Ki Hadjar Dewantara…
C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
7. Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan…
B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
8. Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasion dan ilmu pengetahuan tanpa adanya . . .
D. Pendidikan emosional dan olah rasa
9. Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali…
D. Mengatur orang lain.
10. Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah…
C. Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan
11. Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali…
C. Beriman
12. Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…
B. Membuat diri murid menjadi seimbang.
Modul 1 bagian 3: Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Dasar pendidikan yang berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” dimana murid berada disebut: Kodrat Alam
Kodrat Keadaan merupakan …
Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid
Refleksi
Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda?
Media LMS maupun CMS. Dalam Learning management system banyak pilihan seperti google classroom, edmodo, zenius dll. Untuk CMS, menggunakan website sekolah dengan ragam literasi yang memenuhi kebutuhan siswa
ASAS TRIKON
Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?
C. Kontinuitas
Refleksi Trikon
Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?
Bentuk pembelajaran menyesuaikan dengan Lingkungan sekolah, misal karena berada di daerah pantai, saya dapat mengajak murid untuk menanam pohon bakau untuk mencegah abrasi, hal ini dapat meningkatkan kesadaran peserta didik dengan lingkungannya
POST TEST
1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…
A. Kodrat alam dan kodrat zaman.
B. Kodrat alam dan kodrat dunia.
C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.
D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat.
2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.
B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.
C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.
D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.
3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…
A. Kontunuitas
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.
B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.
C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.
D. Guru dapat berperan mencitpatakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.
5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya…
A. Pembelajaran mandiri
B. Pembelajaran praktis
C. Pembelajaran demokratis
D. Pembelajaran kontekstual
6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan…
A. Minat dan potensinya
B. Tuntutan masa depan
C. Target belajar di sekolah
D. Kebutuhan lingkungannya
7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid …
A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.
B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid
C. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid.
D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.
8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid…
A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
B. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid
C. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
D. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater
9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah…
A. Kontinyu
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali…
A. Mengoptimalkan potensi diri
B. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambungan
C. Hidup dengan minimalis dan secukupnya
D. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang
Modul 1 bagian 4: Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Budi Pekerti
Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan
KHD tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang sesuai dengan kepribadian bangsa.
Video ini mengajak kita belajar bersama bagaimana Ki Hadjar Dewantara menggunakan teori konvergensi dan pengaruhnya terhadap sistem pendidikan nasional.
Referensi:
Ki Hadjar Dewantara – Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.
Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013.
Modul 1 bagian 5: Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan
Selamat dan Bahagia
Sistem Among
Merdeka Belajar Abad 21
Membimbing Murid, memperbaiki bangsa
Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat
Leave a comment